Tahapan Seleksi


Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) LIPI dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Seleksi Administrasi
    1. Setelah pelamar mendaftar dan menggunggah dokumen persyaratan sesuai formasi jabatan yang dilamar, akan dilakukan pengecekan kesesuaian/verifikasi secara daring (online) atas data dan dokumen persyaratan yang diunggah pelamar dalam laman https://sscn.bkn.go.id.
    2. Pelamar yang telah dinyatakan lulus verifikasi dokumen secara daring (online) dan menjadi calon peserta Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dapat melakukan pencetakan Kartu Peserta Seleksi CPNS LIPI 2018 melalui laman https://sscn.bkn.go.id.
    3. Selanjutnya, pelamar diwajibkan hadir (dan tidak dapat diwakilkan) untuk melakukan registrasi ulang dan verifikasi fisik, pengaturan jadwal dan lokasi Ujian SKD, dengan membawa dokumen fisik persyaratan sebagai berikut:
      • Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) asli atau Surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), atau paspor Indonesia yang masih berlaku (bagi pelamar formasi diaspora).
      • Ijazah dan Transkrip Nilai Ijazah asli.
      • Kartu Peserta Seleksi Penerimaan CPNS LIPI Tahun 2018.
      • Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi pada saat ijazah dikeluarkan, yang diterbitkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) atau surat keterangan dari Fakultas yang menerangkan akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi pada saat ijazah dikeluarkan (untuk Pelamar Formasi Lulusan Terbaik Berpredikat dengan Pujian/Cumlaude).
      • Surat Keterangan Disabilitas (untuk Pelamar Formasi Penyandang Disabilitas).
      • Akte kelahiran dan/atau surat keterangan lahir pelamar dan diperkuat dengan surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku (untuk Pelamar Formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat).
      • Paspor Indonesia yang masih berlaku (untuk Pelamar Formasi Diaspora).
    4. Apabila pada saat verifikasi fisik dan registrasi ulang, pelamar tidak dapat menunjukkan bukti fisik dokumen persyaratan sesuai dengan formasi yang dilamar, maka pelamar akan dibatalkan sebagai calon peserta ujian dan tidak dipanggil untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
    5. Lokasi dan jadwal registrasi ulang dan verifikasi fisik bagi pelamar yang lulus Seleksi Administrasi akan diinformasikan lebih lanjut melalui laman https://cpns.lipi.go.id.
  2. Seleksi Kompetensi Dasar
    1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT), yang terdiri dari materi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi.
    2. Skor untuk masing-masing materi dapat langsung diketahui oleh peserta ujian pada hari yang sama dengan pelaksanaan ujian.
    3. Kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) didasarkan pada nilai ambang batas(passing grade) sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018.
  3. Seleksi Kompetensi Bidang
    1. Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah pelamar yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan secara peringkat tidak melebihi 3 (tiga) kali alokasi formasi yang dibutuhkan pada masing-masing
    2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdiri dari :
      • Tes Substansi Jabatan, sesuai formasi jabatan yang dilamar, menggunakan Computer Assisted Test (CAT), dengan bobot 60%,
      • Tes Penulisan Esai sesuai jabatan, dengan bobot 15%; dan
      • Tes Wawancara, dengan bobot 25%.
    3. Kelulusan Akhir ditentukan berdasarkan hasil integrasi Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dengan pembobotan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) 40% dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) 60%.