Persyaratan


PERSYARATAN UMUM

  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Sehat jasmani dan rohani.
  3. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  7. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).
  8. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  9. Bagi Wanita tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat, dan bagi Pria tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
  10. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga koma nol).
  11. Bagi pelamar dari lulusan perguruan tinggi dalam negeri, program studi harus terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT).
  12. Bagi pelamar dari lulusan perguruan tinggi luar negeri, wajib menyertakan surat penyetaraan ijazah luar negeri yang diterbitkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
  13. Bagi pelamar dari lulusan perguruan tinggi luar negeri yang tidak memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), wajib menyertakan salinan transkrip nilai (Transcript of Records atau Academic Records) dalam bahasa Inggris, dan/atau salinan Disertasi (untuk S-3) atau Tesis (untuk S-2) dalam bahasa Inggris yang meliputi: title page, abstract, conclusion.

 PERSYARATAN KHUSUS

  1. Pelamar Formasi Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude)
    1. Pelamar merupakan lulusan terbaik berpredikat dengan pujian (cumlaude) dari Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta di dalam atau luar negeri, yang terakreditasi A/Unggul dan program studi yang terakreditasi A/Unggul pada saat ijazah tersebut dikeluarkan.
    2. Persyaratan akreditasi A/unggul dibuktikan dengan pencantuman akreditasi Perguruan Tinggi dan program studinya pada ijazah dan/atau transkrip nilai dan/atau sertifikat akreditasi yang diterbitkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Apabila akreditasi tidak tertulis di dalam ijazah dan/atau transkrip nilai dan/atau sertifikat akreditasi yang diterbitkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), maka dibuktikan dengan surat keterangan dari Fakultas.
    3. Predikat lulusan terbaik berpredikat pujian (cumlaude) dibuktikan dengan pencantuman predikat pujian (cumlaude) dalam ijazah dan/atau transkrip nilai, atau sertifikat lulusan terbaik berpredikat pujian (cumlaude) yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi/Fakultas. Apabila predikat lulusan terbaik tidak tertulis di dalam ijazah dan/atau transkrip nilai, atau sertifikat lulusan terbaik berpredikat pujian (cumlaude) yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi/Fakultas, maka dibuktikan dengan surat keterangan dari Fakultas.
    4. Pada saat melamar, berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 25 (dua puluh lima) tahun (untuk pelamar formasi S1), atau berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun (untuk pelamar formasi S2 dan S3).
    5. Pelamar dari lulusan Perguruan Tinggi luar negeri dapat mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya adalah setara dengan pujian (cumlaude) yang diterbitkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
  2. Pelamar Formasi Penyandang Disabilitas
    1. Pelamar dari penyandang disabilitas wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang dapat menerangkan jenis/tingkat disabilitas.
    2. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga koma nol).
    3. Pada saat melamar, berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 25 (dua puluh lima) tahun (untuk pelamar formasi S1), atau berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun (untuk pelamar formasi S2 dan S3).
    4. Bagi pelamar dari lulusan perguruan tinggi dalam negeri, program studi harus terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT). Apabila akreditasi tidak tertulis di dalam ijazah dan/atau transkrip nilai, maka dibuktikan dengan surat keterangan dari Fakultas.
  3. Pelamar Formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat
    1. Pelamar memiliki garis keturunan orang tua (bapak atau ibu kandung) asli Papua dan Papua Barat, yang dibuktikan dengan akte kelahiran dan/atau surat keterangan lahir pelamar dan diperkuat dengan surat keterangan bahwa orang tua pelamar adalah asli Papua atau Papua Barat dari Kepala Desa/Kepala Suku.
    2. Pada saat melamar, berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 25 (dua puluh lima) tahun (untuk pelamar formasi S1), atau berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun (untuk pelamar formasi S2 dan S3).
    3. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga koma nol).
    4. Pelamar merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta, di dalam dan di luar negeri, dengan program studi terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT). Apabila akreditasi tidak tertulis di dalam ijazah dan/atau transkrip nilai, maka dibuktikan dengan surat keterangan dari Fakultas.
  4. Pelamar Formasi Diaspora
    1. Pelamar merupakan Warga Negara Indonesia yang menetap di luar Indonesia dan memiliki Paspor Indonesia yang masih berlaku serta bekerja sebagai tenaga profesional di bidangnya, yang dibuktikan dengan dokumen Paspor Indonesia yang masih berlaku dan surat rekomendasi dari tempat yang bersangkutan bekerja minimal selama 2 (dua) tahun.
    2. Pelamar bebas dari permasalahan hukum, yang dibuktikan dengan surat keterangan bebas dari permasalahan hukum yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri.
    3. Pada saat melamar berusia setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun, yang dibuktikan dengan akte kelahiran atau dokumen Paspor Indonesia yang masih berlaku.
    4. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga koma nol).
    5. Pelamar tidak sedang menempuh post doctoral yang dibiayai oleh Pemerintah Indonesia, yang dibuktikan dengan Surat Pernyataan Sumber Pembiayaan dari lembaga tempat pelamar menempuh post doctoral pada saat melamar.
    6. Penyetaraan ijazah pelamar lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dapat dilakukan setelah pelamar formasi diaspora dinyatakan lulus dan diterima sebagai CPNS sebagai dokumen kelengkapan penetapan NIP dari BKN.
    7. Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan S2 atau S3 yang tidak memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), diwajibkan melampirkan salinan Tesis atau Disertasi yang meliputi: halaman judul, abstrak, dan kesimpulan.
  5. Pelamar Formasi Umum
    1. Pada saat melamar, berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 25 (dua puluh lima) tahun (untuk pelamar formasi S1), atau berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun (untuk pelamar formasi S2 dan S3).
    2. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (tiga koma nol).
    3. Pelamar merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta, di dalam dan di luar negeri, dengan program studi terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT). Apabila akreditasi tidak tertulis di dalam ijazah dan/atau transkrip nilai, maka dibuktikan dengan surat keterangan dari Fakultas.
    4. Bagi pelamar dari lulusan perguruan tinggi luar negeri, wajib menyertakan surat penyetaraan ijazah luar negeri yang diterbitkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
    5. Bagi pelamar dengan kualifikasi pendidikan S2 atau S3 yang tidak memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), diwajibkan melampirkan salinan Tesis atau Disertasi yang meliputi: halaman judul, abstrak, dan kesimpulan.