Tata Cara Pendaftaran

  1. Melakukan registrasi  secara  daring  (online)  melalui    laman   https://sscn.bkn.go.id   mulai  tanggal   11 November 2019 d. 24 November 2019 (ditutup pukul 24.00 WIB), dengan mengisi form yang telah disediakan menggunakan data kependudukan yang valid (Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk / Kartu Keluarga dan Nomor Kartu Keluarga).
  2. Tata cara registrasi untuk pelamar formasi Diaspora akan diatur lebih lanjut dan diinformasikan melalui https://cpns.lipi.go.id.
  3. Dokumen persyaratan yang harus diunggah dalam laman https://sscn.bkn.go.id, terdiri dari:
    1. Surat lamaran ditujukan kepada Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia di Jakarta, ditulis tangan dengan pena bertinta hitam, bermaterai Rp. 6000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format surat lamaran dapat diunduh dari laman https://cpns.lipi.go.id, pada menu Berkas Digital).
    2. Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) asli atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat KTP, yang bersangkutan harus membuat surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa yang menyatakan yang bersangkutan telah domisili di tempat tersebut minimal 1 tahun.
    3. Ijazah dan transkrip nilai ;
      1. Ijazah dan transkrip nilai asli, sesuai dengan kualifikasi pendidikan pada jabatan yang dilamar. Tidak diperkenankan menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL).
      2. Bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri, wajib menyertakan dokumen asli Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri yang diterbitkan oleh kementerian yang menyelenggarakaan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi, kecuali untuk pelamar formasi khusus Diaspora.
    4. Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi ;
      1. Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi pada saat ijazah dikeluarkan, yang diterbitkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), apabila akreditasi tidak tertulis di dalam ijazah dan/atau transkrip nilai;
      2. Apabila Sertifikat Akreditsi tidak ada, dapat diganti dengan Surat Keterangan dari Fakultas yang menerangkan status akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi pada saat ijazah dikeluarkan.
    5. Bagi pelamar lulusan perguruan tiggi luar negeri yang tidak memiliki IPK, wajib menyertakan Salinan transkrip nilai (Transcript of Records atau Academic Records) dalam bahasa Inggris, dan/atau salinan Tesis dalam bahasa Inggris (untuk S-2) yang meliputi: title page, abstract, conclusion.
    6. Bagi pelamar untuk formasi jabatan Peneliti Ahli Muda (dengan kualifikasi pendidikan S-3), wajib melampirkan:
      1. Surat keterangan/bukti pernah memperoleh dana penelitian, minimal berupa beasiswa S-3;
      2. Manuskrip dan sertifikat/surat keterangan sebagai bukti menjadi pemakalah dalam sebuah pertemuan ilmiah;
      3. 2 (dua) buah karya tulis ilmiah dalam bentuk artikel di prosiding ilmiah yang diterbitkan, dan berperan sebagai kontributor utama;
      4. 3 (tiga) buah artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal ilmiah minimal terakreditasi nasional, atau buku ilmiah diterbitkan penerbit nasional, atau naskah akademis R-Perdirjen atau R-Perda, atau kekayaan intelektual bersertifikat terdaftar, dan berperan sebagai kontributor utama;

        Catatan:
        • Poin 3 dapat dapat digantikan dengan poin 4 pada kategori jurnal ilmiah dan buku ilmiah;
        • Pilihan pada poin 4 paling sedikit harus ada 1 (satu) buah berupa artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal ilmiah minimal terakreditasi nasional.
    7. Surat Pernyataan, yang diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp. 6000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena bertinta hitam (format surat pernyataan dapat diunduh dari laman https://cpns.lipi.go.id, pada menu Berkas Digital).
    8. Pasfoto terbaru berlatar belakang warna merah berukuran 3 x 4 cm.
    9. Bagi pelamar formasi khusus wajib menambahkan beberapa dokumen sebagai syarat administrasi:
      1. Pelamar Formasi Lulusan Terbaik Berpredikat  Dengan Pujian (Cumlaude), apabila predikat lulusan terbaik tidak tertulis pada ijazah dan/atau transkrip nilai, wajib melampirkan Sertifikat lulusan terbaik berpredikat pujian (cumlaude) yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi/Fakultas atau surat keterangan dari Fakultas yang menerangkan lulusan terbaik berpredikat pujian (cumlaude).
      2. Pelamar Formasi Diaspora, melampirkan:
        1. Ijazah dan transkrip nilai ASLI sesuai dengan kualifikasi pendidikan pada jabatan yang dilamar
        2. Paspor Indonesia yang masih berlaku.
        3. Surat rekomendasi sebagai tenaga profesional di bidangnya selama minimal 2 (dua) tahun yang dikeluarkan oleh instansi/lembaga tempat pelamar bekerja.
        4. Surat keterangan bebas dari permasalahan hukum yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri, dalam hal ini Kantor Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri yang terdekat dengan lokasi tempat tinggal pelamar.
        5. Bagi pelamar yang sedang menempuh post doctoral, menyertakan surat pernyataan bahwa sumber pembiayaan post doctoral tidak berasal dari Pemerintah Indonesia, yang diterbitkan oleh institusi/lembaga tempat pelamar melaksanakan post doctoral.

          Proses unggah seluruh dokumen persyaratan pelamar formasi diaspora ke laman https://sscn.bkn.go.id, akan diatur lebih lanjut dan diinformasikan melalui https://cpns.lipi.go.id.
      3. Pelamar Formasi Disabilitas, wajib melampirkan surat keterangan disabilitas yang dikeluarkan oleh dokter dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas. Format surat keterangan disabilitas dapat diunduh dari laman https://cpns.lipi.go.id, pada menu Berkas Digital.
      4. Pelamar Formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat, wajib melampirkan Akte kelahiran dan/atau surat keterangan lahir pelamar dan diperkuat dengan surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menerangkan bahwa orang tua pelamar asli dari Papua atau Papua Barat